Puspa Ragam Gaya Jakarta: Dekranasda DKI Jakarta Angkat ‘Jati Diri’ Perajin dalam JFW 2020

JAKARTA – RABU, 23 OKTOBER 2019 – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) DKI Jakarta kembali tampil dalam panggung peragaan busana Jakarta Fashion Week (JFW) 2020 di The Hall, Senayan City. Mengangkat tema “Puspa Ragam Gaya Jakarta”, Dekranasda DKI Jakarta menampilkan 24 rancangan busana yang mengunggulkan ragam gaya dengan sentuhan khas Ibukota karya para Perajin Jakarta. Busana tersebut merupakan hasil karya dari 4 (empat) Perajin Jakarta yaitu Roemah Kebaya Vielga, Jarit, Artina, dan Warna. 


“Tahun ini kami ingin menampilkan jati diri perajin dalam setiap karya yang dipertunjukan di panggung JFW 2020. Sebagai wadah pembinaan lebih dari 300 perajin Jakarta, kami terus mendorong agar mereka lebih percaya diri dalam menampilkan berbagai produk kerajinan yang tidak hanya unik dan berkualitas, tetapi juga mewakili ide dan gagasan mereka tentang Jakarta”, ujar Fery Farhati, Ketua Dekranasda DKI Jakarta.

Empat Perajin Jakarta yang tampil dalam pagelaran busana JFW 2020 menampilkan masing-masing jati diri mereka. Seperti Roemah Kebaya Vielga karya Vielga Wennida yang terkenal dengan bordiran, mengangkat tema “Cokek Story” yang mengenalkan tarian Betawi sebagai Tari Pergaulan. Bordiran pada penari cokek terlihat seperti penari hidup membuat mata terasa sangat dimanjakan oleh keindahan bak lukisan. Ada pula Jarit, menampilkan produk yang proses pembuatannya ramah lingkungan, terinspirasi dari Manggar, sebuah hiasan yang selalu ada dalam pesta Betawi, mengangkat tema “Pesona Manggar dalam Cinta”. Indira Hadi, sang kreator, berusaha konsisten dalam pembuatan kain dengan menggunakan teknik pencelupan pewarna alam yang dominasi warna biru, didapat dari hasil pencelupan warna menggunakan tanaman indigofera atau yang bisa juga disebut tarum dan sentuhan kunyit untuk warna jingga.

Sementara itu, dua perajin lainnya hadir dengan padu padan kain nusantara. Artina dengan kain nusantara dan aksen bordir yang terinspirasi dari kemeriahan dan keceriaan Ondel-Ondel, ditambah improvisasi emoticon masa kini dan warna-warni neon sehingga menciptakan karakter yang disebut ‘Neondel’. Warna, karya Elsanty Noveria.
Terinspirasi dari kegemarannya dalam mengoleksi kain khas nusantara, Elsanty berani memadu padankan kain khas Betawi yang menonjolkan warna-warna cerah dengan tenun, menjadi suatu busana yang semakin apik menggambarkan keberagaman budaya yang ada di Jakarta.

Dengan dukungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Dekranasda DKI Jakarta telah berpartisipasi pada event Jakarta Fashion Week sejak Tahun 2010 silam. Tahun ini, Dekranasda DKI Jakarta kembali mendapatkan kesempatan untuk menggelar Talk Show bertemakan ‘Peningkatan Daya Saing Produk Nasional (Fashion)’ yang diselenggarakan pada Sabtu, 26 Oktober 2019 pukul 13.00-14.00 WIB di Fashionlink Lounge JFW 2020, The Hall, Lantai 8 Senayan City. Selain itu, Dekranasda DKI Jakarta juga mengikuti Fashionlink Showroom and Market selama 22-26 Oktober 2019 di Fashionlink Area JFW 2020, Lantai 8 Senayan City.

0 0
Feed