TANDA TANGANI PERJANJIAN KERJA SAMA DENGAN DIREKTORAT P2E, DEKRANASDA PROVINSI DKI JAKARTA SIAPKAN PENGEMBANGAN PRODUK PERAJIN JAKARTA KE TARAF EKSPOR

JAKARTA – KAMIS, 9 MEI 2019 – Dekranasda Provinsi DKI Jakarta bekerjasama dengan Direktorat Pengembangan Produk Ekspor (P2E) Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (Dirjen PEN) Kementerian Perdagangan Republik Indonesia untuk Pendampingan dalam Peningkatan Nilai Tambah Produk Kerajinan Berbasis Desain Produk dan Komunikasi Visual. Fery Farhati selaku Ketua Dekranasda DKI Jakarta dan Ari Satria selaku Direktur Pengembangan Produk Ekspor Kementerian Perdagangan RI melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara kedua belah pihak yang disaksikan oleh Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN), Arlinda, di Auditorium Gedung Utama Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, Jakarta Pusat. Kerjasama ini bertujuan untuk mengembangkan produk anggota perajin Dekranasda Provinsi DKI Jakarta yang berbasis desain dan komunikasi visual sehingga dapat terus dikembangkan agar mencapai pasar ekspor.


"Kerja sama Kemendag dengan Dekranasda DKI Jakarta dan UMN melalui IDDC akan berlangsung selama dua tahun ke depan. IDDC merupakan wadah yang tepat untuk memfasilitasi dan memberikan pelayanan terkait pengembangan desain komunikasi visual. Kerja sama ini diharapkan akan semakin mendorong kinerja ekspor Indonesia." jelas Arlinda.

Dalam perjanjian kerjasama tersebut Direktorat P2E bertindak memberikan pendampingan kepada anggota perajin Dekranasda Provinsi DKI Jakarta dalam meningkatkan kemampuan desain produk serta komunikasi visual. Anggota perajin Dekranasda Provinsi DKI Jakarta tidak hanya datang pada saat dilakukannya pelatihan, tetapi juga dibebaskan untuk melakukan konsultasi di klinik desain yang disediakan oleh IDDC. Sehingga kedepannya anggota perajin dapat lebih dalam memperdalam wawasan desain produk dan komunikasi visual sesuai
dengan minat dan kemampuannya.

“Sebagai wadah bagi para perajin Ibukota berkarya dan mengembangkan diri, sudah menjadi kewajiban kami untuk terus berinovasi merumuskan program-program yang dapat mengembangkan potensi dan meningkatkan kapasitas para perajin.”, jelas Fery Farhati.

Tak hanya membina dalam mengembangkan produk, Dekranasda Provinsi DKI Jakarta memiliki visi agar anggota perajinnya dapat mengikuti perkembangan pasar baik dari segi desain produk, pengemasan, serta pemasaran. Salah satu upaya yang dilakukan oleh Dekranasda Provinsi DKI Jakarta dalam mewujudkan visinya adalah melakukan kerjasama dengan beberapa pihak terkait program-program yang direncanakan. Hal ini bertujuan agar, anggota perajin Dekranasda Provinsi DKI Jakarta mendapatkan wawasan yang lebih luas.

Ari Satria juga menjelaskan, "Kerja sama, kolaborasi dan jejaring yang dilakukan IDDC dengan berbagi pemangku kepentingan dapat memenuhi kebutuhan para pelaku usaha di era industri 4.0 khususnya dalam pengembangan desain komunikasi visual, dan diharapkan dapat terus berlanjut di masa depan."

0 0
Feed