Tentang Kami

Bangsa Indonesia di karuniai Tuhan Yang Maha Esa dengan beragam macam aneka kekayaan khasanah budaya dan limpahan kekayaan alam yang dapat diolah untuk mengungkapkan nilai budaya dalam bentuk barang kerajinan.


Penduduk Indonesia sebagian besar hidup di daerah pedesaan, menempati ribuan pulau Nusantara dan sudah mengenal adanya usaha kerajinan untuk mendukung kehidupan mereka seperti membuat keris, kapak, tombak, panah, kain tenun, batik, anyaman dan berbagai kerajinan khas masing-masing suku bangsa.


Pada sisi lain, keberadaan para pengrajin dari waktu ke waktu tidak mengalami perubahan, baik dalam hal keterampilan, pengetahuan maupun tingkat kesejahteraannya. Dengan semakin pentingnya keberadaan industri kerajinan sebagai sarana pencarian pendapatan, tokoh masyarakat seni budaya dan kerajinan harus menggugah untuk mengembangkan bidang kerajinan yang bersifat nasional selagi mewujudkan organisasi yang diberi nama Dewan Kerajinan Nasional.

Visi & Misi Dekranasda


VISI

Mewujudkan Dekranasda DKI Jakarta sebagai wadah pengembangan produk kerajinan unggulan yang berkualitas sebagai ikon Kota Jakarta


MISI

  • Menggali dan mengembangkan potensi kerajinan Jakarta
  • Meningkatkan kemampuan usaha pengrajin Jakarta
  • Meningkatkan kualitas dan desain produk kerajinan Jakarta
  • Memperluas jaringan pemasaran produk kerajinan Jakarta baik dalam dan luar negeri.

Organisasi Dekranasda DKI


Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi DKI Jakarta adalah organisasi wadah para pengrajin yang berdomisili di DKI Jakarta. Dipimpin oleh Istri Gubernur / Kepala Daerah, kegiatan operasional dibantu oleh seorang wakil ketua, ketua harian, wakil ketua harian, sekretaris dan bendahara. Kelancaran tugas sekretaris sehari-hari dibentuk oleh sekretariat Dekranasda.


Dekranasda Provinsi DKI Jakarta mempunyai bidang :

1. Bidang Daya Saing Produk

2. Bidang Pameran

3. Bidang Manajeman Usaha & Pendanaan

4. Bidang Kreatif

5. Tim Kurasi dan Litbang

6. Tim Perencanaan Strategis

7. Sekretariat

KETUA DEKRANASDA DKI JAKARTA MULAI DARI PEMBENTUKAN HINGGA SAAT INI

  • Periode 1983 - 1958 : Istri Gubernur Provinsi DKI Jakarta - Ibu Suprapti Suprapto
  • Periode 1988 - 1993 : Istri Gubernur Provinsi DKI Jakarta - Ibu Netta Wiyogo Atmodarminto
  • Periode 1993 - 1998 : Istri Gubernur Provinsi DKI Jakarta - Ibu Suryadi Sudirja
  • Periode 1998 - 2002 : Istri Gubernur Provinsi DKI Jakarta - Ibu Rini Sutiyoso
  • Periode 2002 - 2007 : Istri Gubernur Provinsi DKI Jakarta - Ibu Rini Sutiyoso
  • Periode 2007 - 2014 : Istri Gubernur Provinsi DKI Jakarta - Ibu Tati Fauzi Bowo
  • Periode 2014 - 2015 : Istri Gubernur Provinsi DKI Jakarta - Ibu Iriana Joko Widodo
  • Periode 2015 - 2017 : Istri Gubernur Provinsi DKI Jakarta - Ibu Veronica Basuki Tjahaja Purnama
  • Periode Juni 2017 - Oktober 2018 : Istri Gubernur DKI Jakarta - Ibu Happy Farida Djarot Saiful Hidayat
  • Periode Oktober 2018 - 2022 : Istri Gubernur DKI Jakarta - Ibu Fery Farhati Anies Baswedan 

Struktur Organisasi Dekranasda

PERANAN

DEKRANASDA DALAM PEMBINAAN ANGGOTA

  • Meningkatkan kemampuan anggota pengrajin di bidang produksi melalui pembinaan kewirausahaan, teknik produksi, peningkatan mutu dan desain produk
  • Melaksanakan kemitraan dengan berbagai pihak dalam usaha untuk meningkatkan mutu produk
  • Menyusun dan menetapkan standar kualitas produk
  • Mengembangkan metode pembinaan dan pelatihan
  • Mengembangkan dan membina komunitas pengrajin di rumah susun menjadi masyarakat produktif
  • Memfasilitasi anggota untuk mendapatkan perlindungan hukum atas Hak Kekayaan Intelektual (HAKI)
  • Memberikan pendampingan kepada anggota terhadap mekanisme dan sistem pasar guna meningkatkan daya saing.

Anda bisa mendapatkan banyak informasi beserta relasi bisnis yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas produk kerajinan. Melalui acara Dekranasda yang diadakan, usaha dan produk kerajinan Anda memiliki kesempatan untuk dilihat oleh lebih banyak calon pelanggan.

Kami juga mendukung penuh perluasan jaringan pemasaran produk kerajinan Anda untuk mendapatkan audiens dan calon pelanggan di dalam maupun luar negeri. Dengan begitu produk asli Indonesia dapat lebih dikenal oleh pasar mancanegara.